Bersiap New Normal, Ketahui 8 Aturan saat Kamu Ingin Nongkrong di Kafe – HARIANACEH.co.id

thumbnail
Print Friendly, PDF & EmailPrint Friendly, PDF & Email

SUDAH banyak dari kamu yang ingin sekali nongkrong lagi di kafe bersama sahabat. Menikmati sore atau malam dengan canda tawa pun obrolan yang tak akan ada habisnya.

Hal ini bisa kamu rasakan lagi saat new normal sudah diberlakukan oleh pemerintah nantinya. Ya, new normal menawarkan masyarakat hidup seperti biasa, tapi dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Protokol kesehatan inilah yang akhirnya memberikan rasa aman pada masyarakat dari paparan virus corona. Saat nongkrong di kafe, protokol kesehatan pun mesti dijalankan.

Melalui akun Twitter resmi Kementerian Koperasi dan UKM RI (KemenkopUKM), Anda bisa tahu aturan penting apa yang harus dijalani saat nongkrong di kafe. Seperti apa?

Cuci tangan saat keluar dan masuk kafe

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun saat masuk dan keluar kafe. Ini menjadi penting agar kamu tidak membawa kuman jahat dari luar ke dalam kafe, ataupun sebaliknya. Karena itu juga, pemilik kafe wajib menyediakan fasilitas yang satu ini.

Buka pintu pakai siku

Jika sudah, pastikan membuka pintu dengan menggunakan siku. Ingat, tanganmu sudah bersih, jadi jangan dibuat kotor lagi dengan memegang gagang pintu, ya.

Pilih transaksi cashless

Saat transaksi pembayaran, sangat direkomendasikan untuk melakukannya via cashless atau tanpa uang tunai. Ini penting dilakukan agar tidak ada penularan virus melalui uang kertas. Selain itu, dengan cashless ini membiasakan masyarakat hidup di zaman modern.

Bawa tempat makan sendiri

Bila kamu ingin membawa pulang makanan, jangan pernah lupa untuk bawa tempat makan sendiri. Ini harus dilakukan untuk menjamin kebersihan makanan yang kamu akan konsumsi.

Jaga jarak

Mari #SobatKUKM kita bersiap dgn memastikan seluruh aktivitas sampai dengan infrastruktur pendukungnya memadai dan kedisiplinan kita semua untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan. Waktunya akan hadir bersamaan dengan kesiapan kita semua. Bersama kita bisa. Tetap optimis! pic.twitter.com/jT7bS9Uw4O

— KemenkopUKM (@KemenkopUKM) May 28, 2020

Saat duduk di area kafe pun kamu mesti memperhatikan jarak aman. Usahakan tidak berdekatan dengan pengunjung lain. Karena ini juga, pengelola kafe mesti memberi tanda untuk mengatur jarak antarpengunjung.

Protokol kesehatan boleh longgar ketika kamu ingin makan dan minum saja. Selebihnya, Anda wajib menjalankan peraturan baru ini supaya tidak ada proses penyebaran virus di dalam kafe.

Pelayan dan pengunjung wajib masker

kafekafe

Sementara itu, untuk pengelola kafe diwajibkan untuk menggunakan masker dan face shield baik di dapur maupun saat melayani tamu langsung. Sementara tamu wajib pakai masker atau face shield. 

Peralatan di kafe harus bersih

Selanjutnya, memastikan semua alat yang dipakai bersih dari kotoran apapun. Termasuk piring, gelas, hiasan, meja, kursi dan sebagainya.

Pengelola harus rutin semprot disinfektan

disinfektandisinfektan

Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kafe dengan desinfektan sebelum dan setelah kafe tutup untuk menjamin kebersihan dan keamanan pengunjung. Rutin cuci tangan dengan sabun juga menjadi kebiasaan yang harus dijalankan pengelola kafe.

“Ayo disiplin jalankan protokol kesehatan demi kebaikan bersama,” isi pesan penutup dalam video yang diunggah @KemenkopUKM di Twitter.

Sumber: Okezone

Back To Top